Selasa, 08 Januari 2013

QUOTES - Menggenggam Impian

Dari Sayyidah Aisyah : tidak ada shalat sunnah yang lebih diperhatikan Rasulullah, selain shalat sunnah sebelum subuh

Al-Bukhari dan muslim : barangsiapa yang shalat di dua waktu yang sejuk, maka dia akan masuk surga. Dan dalam hadist lain beliau berkata : tidak akan dijilat api neraka, seseorang yang shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelam. Yang dimaksudkan dengan dua waktu yang sejuk adalah waktu shalat subuh dan shalat ashar.

Allah swt berfirman : dirikanlah shalat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat) – QS Al-Israa’ 78


“ J­ika kita mau menelaah kalimat tersebut, maka sudah sangat jelas bahwasanya shalat subuh sebenarnya adalah petunjuk Allah dalam menghadapi tantangan.
Sungguh bahagia orang-orang yang mau memerangi diri, bangkit meninggalkan kasur-kasur mereka. Berjuang keras melawan segala yang menariknya ke tempat tidur : rasa kantuk, dingin, malas, dan lain sebagainya. Kalau kita bisa seperti itu, maka niscaya kita akan sukses dalam meraih dunia dan akhirat.”

2 malaikat
Dari Abi Hurairah Ra., berkata bahwa Rasulullah saw tentang firman Allah swt., ‘wa qur’anal fajri inna qur’anal fajri kana masyhuda’ (disaksikan oleh malaikat malam dan malaikat siang) HR. Tirmidzi dengan derajat hasan shahih
Jadi, momentum itu adalah adanya dua rombongan malaikat yang menjadi saksi atas shalat Subuh yang dikerjakan seorang hamba, yaitu malaikat malam dan malaikat siang. Sedangkan shalat lainnya, hanya disaksikan oleh satu rombongan malaikat. Kalau shalat itu shalat malam, maka disaksikan oleh malaikat malam. Sedangkan kalau shalat itu siang hari, maka disaksikan hanya oleh malaikat siang saja. Selain itu, juga ada riwayat yang lebih shahih oleh al-Imam al-Bukhari Ra. Dari Abi Hurairah Ra., berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, ‘keutamaan shalat berjamaah dengan shalat sendirian adalah 25 derajat. Dan malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada saat shalat subuh.’ HR. bukhari

sesungguhnya, shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya (berjamaah di masjid) sekalipun dengan merangkak” HR. bukhari dan Muslim

Diriwayatkan oleh Ibnu Abid Dunya dari Nuaim bin Abdirrahman, dari Nabi Saw., dikeluarkan oleh Ibnu Hajar dalam Mathalibul Aliyah, sembilan dari sepuluh pintu rezeki adalah melalui jalur perniagaan atau jual beli. Jadi, kalau mau tahu pintu rezeki itu di mana, jelaskan jawabannya adalah menjadi pedagang. Pedagang yang baik tentunya, yang mengikuti system perdagangan orang-orang muslim.

Wudhu juga bisa membantu dalam mengistirahatkan organ-organ tubuh dan meredakan ketegangan fisik dan psikis. Apabila seseorang sedang marah, oleh Rasulullah Saw. disarankan untuk mengambil air wudhu, sesuai dengan sabdanya, ‘apabila engkau sedang marah, maka berwudhulah.’ Lalu shalatlah, pasrahkan dirimu padaNya…, lalu berdo’alah. Tenangkan dirimu dulu, lupakan semua, dan mari kita mulai masa depan dengan lebih indah.

“suatu hari, Rasulullah Saw. bersabda, ‘barangsiapa mengerjakan shalat Tahajjud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah Swt. Akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia, dan 4 macam di akhirat.’ ”. adapun lima keutamaan di dunia itu ialah satu, akan dipelihara oleh Allah Swt. Dari segala macam bencana. Dua, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya. Tiga, akan dicintai para hamba Allah Swt. Yang shalih dan dicintai oleh semua manusia. Empat, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah. Lima, akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama. Sedangkan, empat keutamaan di akhirat, yaitu satu, wajahnya berseri \ketika bangkit dari kubur di hari pembalasan nanti. Dua akan mendapat keringanan ketika dihisab. Tiga, ketika menyeberangi jembatan Shiratal Mustaqim bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar. Empat, catatan amalnya diberikan di tangan kanan.”

Rasulullah Saw. bersabda, ‘sesungguhnya, pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang muslim meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat kepada Allah Swt., niscaya Allah Swt. Akan memberinya. Dan, itu berlaku setiap malam.’ HR Muslim
Shalat Tahajjud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi Saw. sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang, shalat tahajjud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Ketika kita baru bangun, pikiran kita itu seperti kertas kosong, bersih. Maka, ketika kita meminta, di situlah tertulis doa-doa yang begitu luar biasa.

Mantan penjahat lebih bagus daripada mantan kiai
“kebahagiaan seseorang bukan berdasar berapa banyak materi yang dia punya, tapi seberapa banyak mereka bisa membuat orang-orang di sekitarnya berbahagia”

“ Subhanallah, Han! Alangkah  bodohnya kamu jika tidak segera menikahi gadis ini! “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar